《Sharing Materi with IWF》Fenomena Salah Genre dalam Wattpad
Advertisement
Hari, tanggal: Selasa, 26 September 2017
Materi: Fenomena Salah Genre dalam Wattpad
Pemateri: Flo
Notul: Alit
=====
Assalamualaikum wr wb
Selamat malam semuanya. Aku flo, Mojang dari kota kembang, sebagai pembawa materi hari ini
Hari ini aku akan membawakan materi tentang fenomena salah genre di Wattpad.
Seru banget tuh. Kok bisa salah? atau gimana bisa sampai gitu?
Sebelum lebih maju ke topik, aku mau kasih tau dulu apa itu genre,macam-macam yang umumnya saja yah, keterangannya dan batasannya.
Genre, n Sas jenis tipe atau kelompok sastra atas dasar bentuknya; ragam sastra: -prosa, -puisi.
Nah jadi, Genre novel yaitu kata serapan yang merujuk pada ragam kaidah yang dipakai dalam karya seni dan budaya. Ragam atau jenis tersebut biasanya mempunyai patokan dan ciri khas pembeda dengan genre lainnya.
Tapi disini aku tekankan genre dalam fiksi itu gak ada batasannya. Jadi gak aneh juga kalau ke campur antara genre satu dengan yang lainnya, tapi ... Genre mana yang lebih dominan dalam cerita kita, atau kisah apa yang ingin kita tonjolkan.
Atau kata tutorku dulu gini, karena genre terbentuk melalui konvensi, dan banyak karya melintasi beberapa genre dengan meminjam dan menggabungkan konvensi konvensi tersebut.
Konvensi : kesepakatan atau perjanjian.
Nah sekarang aku kasih opsi dulu nih ... Kenapa bisa, sampai ada fenomena salah genre di Wattpad.
Argumen penulis
-Kurangnya memahami genre satu dengan yang lainnya.
-karena tidak tau batasan usianya.
-sengaja biar ratingnya banyak. yang baca banyak, vote and comment juga.
-karena suka aja.
Nah loh, yang lumrah biasanya kaya gitu argumennya.
Berikut genre umum diwattpad yang biasanya salah masuk atau kesasar. Nah aku kasih tau detail.
1. Romance
Genre ini biasanya bercerita tentang kisah cinta. Kenapa genre ini peminatnya banyak? karena cinta itu adalah esensi yang pasti dialami oleh manusia, dan cinta itu juga nggak kenal batasan, jadi semua bisa mengalaminya. Cinta itu sendiri punya kapasitas untuk dimacem-macemin. Dibikin konflik, dibikin happy end, dll. gak butuh banyak hal-hal lain. Beda dengan genre lain yang kadang2 kita butuh hal-hal eksternal lain untuk membuatnya hidup.
Advertisement
2. Teenfic
nah, genre ini sebenarnya luas banget. bisa masuk tentang cinta, persahabatan, masalah keluarga, dll. tapi... titik utamanya adalah: tokohnya berusia teen, sekitar 13-19 tahun. Permasalahannya pun khas, tentang tawuran, tentang ambisi meraih nilai, tentang persahabatan dan pengkhianatan, dsb.
3. Young adult
Young Adult atau dewasa muda. nah ini biasanya tokoh-tokohnya itu di atas teenfic, di bawah 25 tahun. tentang anak2 kuliah, dan ciri khasnya: PENCARIAN JATI DIRI. simpelnya gini: Young Adult itu biasanya tokoh mulai menata hidup, merencanakan masa depan (mau jadi apa aku yak? pekerja kantoran, ibu rumah tangga, atau apalah), dan mengkritisi tentang pandangan-pandangan yang ada di masyarakat. biasanya tokoh-tokoh di genre ini cenderung lebih kritis dan pemberontak, senang dengan hal-hal baru, cepet terpengaruh dan mau berubah.
4. Chicklit
Chicklit ini diatasnya Young Adult. Genre ini identik dengan permasalahan cewek. tapi ada juga chicklit cowok. permasalahan utamanya di atas anak kuliahan. misal: disuruh nikah, memajukan perusahaan, meniti karier, persaingan karier, dsb. contoh: sophie kinsella.
5. Fantasi
Fantasi itu cerita yang melibatkan unsur-unsur magis dan supernatural. tapi juga sangat logis.
6. Sci-fi
Nah ini nih ciri khas utamanya adalah teknologi mutakhir. Memiliki konsep sains dan teknologi yang belum tentu ada di dunia nyata. Biasanya mengandung logika-logika yang ditanamkan sejak awal, jadi maksudnya di novel itu mengandung hal-hal yang ditanamkan sebagai standar dari awal. (contoh : sapu terbang di novel harry potter, dimana dari awal kita baca novel itu sapu ternangnya udah ada)
7. Fanfiction
Ini sejenis kamu nulis sesuatu yang udah ada, udah paten, tapi kamu buat versi kamu sendiri. (Contoh: cerita tentang artis korea, jepang dll)
8. Humor
Simpelnya genre ini bisa bikin kamu ketawa saat bacanya. bodor banget. menekankan unsur komedi dan parodi. (Contoh : buku-buku karya Raditya Dika)
9. Misteri
Nah ini genre yang bertugas untuk membuat pembaca penasaran, tidak selalu horror. petunjuk dibongkar satu persatu, hingga akhir.
Advertisement
10. Historical fiction
Genre ini terjadi di dunia nyata tapi biasanya ngambil setting masa lalu. genre ini termasuk yang agak susah risetnya, karena literaturnya lebih terbatas.
11. Adventure
Nah ini genre buat petualangan. misalnya: lima sekawan.
12. General Fiction
general fiction ini sebenarnya baru ada di wattpad ya. nah, ini sebenarnya diperuntukkan untuk genre yang macem-macem masuk (tdk termasuk fantasi). tapi terlalu kecil utk dimasukin dalam romance, teenfic, atau apa pun. jadi, genfic itu melingkupi banyak hal. nah kalo kamu bingung saat milih genre.
Jadi, banyak nih kak.
- cerita teenfict tapi kok ada unsur dewasanya. Kaya ena-ena gitu (sex)
- fanfict kok bisa nyasar ke horror, romance, science fict dll
- atau fanfict masuk short story nih paling aneh.
Ini balik ke si penulisnya intro ceritanya sendiri gak.
jangan sampai salah menentukan lagi yah. Diatas tadi yg genre.
Masalah anak belum dewasa tulisannya udah dewasa, emang aku gak masalahin. Itu hak dia, nah kalau yg di masukinnya ke cerita remaja dan dibaca sama yang belum pantas kan bahaya.
Cara mensiasatinya gimana kak?
Jadi gini, setiap genre saling bertautan. Tapi pokok, ide, dan keseluruhan cerita apa yg ingin kamu tonjolkan. Berarti itu yang lebih dominan.
Kenali batasan usia disetiap genre, kenali juga apa saja genre, keterangannya dll.
Jangan sampai kita salah ditegur, kena report dari wattpad bikin akun baru atau kasih alasan ketika akunnya balik.
Cerita akan lebih bermakna, jikalau kita menceritakan yang berguna dan bermanfaat. Dimana terselip pesan didalamnya.
Mungkin sampai situ pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Thanks guys. See you next time. 🙏🙏
===
Sekian materinya. Semoga bermanfaat bagi Fams semua.
Wassalam.
Bandung, 18 November 2017.
Salam,
Anaya.
Advertisement
- In Serial7 Chapters
Book of Alpha
The four clans are fighting for their own level of powers and capabalities to rule the world. In order to raise their power, they need to do a quest in order to get their highest level of power. But because of misunderstanding, one secret enemy will eventually wakes up from its long sleep that will lead the world in chaos. So, the one who created them decided to choose their own Alpha’s to lead each of their clans to stop the awakening of their secret enemy called The Dark Lord. That will be the beginning of their battle. A female Alpha’s Love can only stop them from their battle that will give birth to the most powerful being on Earth exist.
8 237 - In Serial42 Chapters
Okane o Subete Sekai e Chikara - Money is Power in any World
Makoto, a cunning and shrewd, 25 years old businessman, is obsessed with True Life Online (TLO). TLO is an MMORPG he discovered from a mysterious advertisement. As a player, he took the merchant path, a low stats class with a different sort of playstyle. Finally reaching the ultimate merchant rank, Makoto blacks out. He’s awoken in a world resembling TLO, still wearing his character's clothes. With his stats reset to a baby's level, he has only one advantage, infinite money. Watch how he survives while climbing his way to the top!
8 144 - In Serial8 Chapters
The Second Dungeon Master
Multiple cities across the city are overrun by monsters straight out of fantasy. Superhumans calling themselves Beta Testers are killing eachother. But Chris Nordstrom isn't involved in any of that as he sits through a boring English class. Instead he gets to listen to his teacher talk about To Kill A Mockingbird. Chris returns to his home after a surprisingly normal day in a not-normal world, but waiting for him there is his brother, one of the Beta Testers that now populate the world. His brother hands him something that will change his life forever. A device more powerful than almost anything else in this world. A Dungeon Core. This is a Game Of The Gods story.
8 202 - In Serial18 Chapters
Random Road
Welcome to the Random Road! To walk the Random Road is to leave all common sense behind. Here, physics breaks down into bits as your form and perceptions are warped by every encounter. One moment you are an ant, travelling down the length of a leaf into the arms of an awaiting spider; the next, you are soaring through the sky on wings of wax into the eye of the sun. For many, the temptation to walk the road is overwhelming, even while knowing nothing of the prize awaiting at the end. Surely, for such a phantasmagorical thing, only the grandest of rewards should be at the summit, right? Take up the challenge of the Random Road to find out... If you dare. [participant in the Royal Road Writathon challenge]
8 125 - In Serial58 Chapters
Star Wars Preferences & Imagines
[ Request are closed ] * This has a lot of mistakes and some things aren't canon *Decided I'd give Imagines and Preferences a shot ! ! I'll mainly focus in the following but can do any other characters : Obi Wan Kenobi Anakin SkywalkerLuke SkywalkerHan SoloKylo Ren I DO NOT OWN ANY OF THESE CHARACTERS ALL RIGHTS GO TO LUCAS FILMSCreated : April 3, 2016Completed : N/A
8 132 - In Serial3 Chapters
Ask my bnha 2 generation oc
Ask Mayrin the Next heir of one for all Front Page done by AnnoLah
8 166

