《Sharing Materi with IWF》Menggali Konflik dalam Cerita
Advertisement
Materi: Menggali Konflik dalam Cerita
Tanggal: 15/08/2017 hari Jum'at
Pemateri: Sherlen
Notulen: Anaya
Pernah gak sih kalian merasa jalan cerita kalian terkesan monoton? Atau udah buat cerita tapi melenceng dari bayangan?
Atau bahkan lebih parah melenceng sekali dari outline yang udah dibuat?
Kalian pasti pernah juga habis baca atau nonton cerita yang keren banget terus kalian terinspirasi dari cerita itu
Duh rasanya pengen banget gitu ya bisa bikin cerita keren kayak gitu
Jadi ujung-ujungya dari cerita yang udah dibuat bukannya sesuai outline malah pas dibaca ulang terkesan jadi agak mirip dengan cerita yang kalian sukai itu.
Tapi setelah berulang kali, mulai muncul suara-suara negatif dalam diri kalian, "Rasanya susah deh bikin cerita sehebat itu."
Sampe mungkin beberapa dari kalian mikir
Alur cerita berantakan, terlalu mainstream, atau bahkan terlalu banyak ide baru yang muncul sampe bingung sendiri mau nyelesain yang mana dulu.
Tapi pernah gak sih terlintas dalam pikiran kalian kalau semua hal negatif yang muncul di pikiran kalian sumber masalahnya hanya satu.
Konflik tidak digali dengan baik
Mau dikasih tau triknya gak?
1. biarkan tokohmu jadi manja
Nah maksudnya apa? Manja apaan? Ga jelas banget! Maksudnya gini.
biarkan tokohmu dengan mudah nyelesain konfliknya sendiri. Buat konflik itu semakin memuncak. Ada juga trik jitu biar cerita gak ngebosenin
Konflik-tenang-konflik 2-tenang-konflik 3-tenang, dst.
Makin mendekati akhir makin persulit tokohnya
Sadar ga sih? Semakin kalian buat tokoh kalian menderita semakin tinggi rasa simpati pembaca terhadap tokoh kalian
Memang mungkin pembaca bakal kesel sama kalian
Tapi secara ga sadar bikin pembaca tambah gregetan sendiri
Ngerasain ga?
Apa cuma aku aja?
2. plot twist
Pasti udah tau sendiri kan buat apa? Biar cerita kalian jadi tidak mudah ketebak. Ngeselin tuh kan. Ngarep endingnya tokoh utama bersatu eh taunya ada yang misahin. Padahal udah cinta banget sama tokohnya.
Aku kasih contoh aja ya
Kali ini pake cerita punyaku, genrenya fantasy, drama, action
Advertisement
(1) Taehyung di sini diceritain punya dua sisi kepribadian. Sejak dia umur lima tahun, dia sudah diganggu oleh wujud iblis. Karena itulah dia jadi dijauhi oleh sahabatnya termasuk keluarganya.
(2) Mingyu yang awalnya sebenarnya sahabat Taehyung ternyata berkhianat dengan membocorkan kepada semua orang kalau Taehyung itu sebenarnya bukan manusia normal.
(3) Karena itu, sifat Taehyung yang awalnya penyabar dan ramah berubah jadi pendiam dan mudah marah terhadap masalah sekecil apa pun.
(4) Taehyung bertemu dengan seseorang yang ternyata bisa mengendalikan wujud iblis yang selalu mengganggu kehidupannya. Orang itu ternyata sahabat dari orang yang telah mengkhianatinya, Mingyu.
(5) Namun ternyata orang itu juga yang menjadi penyebab mimpi buruk Taehyung selama ini.
Dari poin 1 - 5 sudah kelihatan kalau dari awal cerita konflik sudah terbentuk.
Tujuan utama Taehyung dalam hidup hanya satu.
Hidup selayaknya manusia normal. Hanya itu.
Tapi banyak halangan dari pihak luar yang malah terjadi. Kayak kasus Mingyu. Sahabat yang awalnya Taehyung percayai ternyata berkhianat. Anggapan Taehyung salah besar terhadapnya.
Orang yang paling dia percayailah yang justru paling membuatnya kecewa
Coba dari setiap konflik yang terjadi pertanyakan lagi pada tokohmu
Misalkan begini:
Q : Kenapa sifat Taehyung jadi berubah?
A : Karena setiap orang yang Taehyung percayai, termasuk Mingyu adalah orang yang bermuka dua
Nyesek kan?
Q : Kenapa Mingyu berkhianat dan kenapa setiap orang justru jadi munafik terhadapnya?
A : Karena mereka hanya ingin memanfaatkan Taehyung yang latar belakangnya dari keluarga kaya raya. Mingyu iri kepada Taehyung karena bisa mendapatkan semua yang dia inginkan tapi sulit untuk dia dapatkan.
Dengan membuat serentet pertanyaan kayak tadi, kamu pasti akan semakin mengenal tokoh dan ceritamu. Setiap konflik atau peristiwa yang terjadi diusahakan ada alasan kenapa itu bisa terjadi. Kenal atuh harusnya. Makin kenal pasti makin sayang . Makin tipis kemungkinan gak ngelanjutin cerita.
Karena kamunya sendiri ngerasa ga tega. Karena uda kelanjur nyaman. Melakukan plot twist juga tapi jangan keseringan. Lakukan dengan porsi yang pas. Layaknya meracik masakan, terlalu banyak garam justru membuat makanan terasa aneh atau terlalu asin.
Terlalu sedikit juga tidak bagus karena rasanya akan hambar, tidak ada 'sesuatu' yang membuatnya terasa istimewa.
Semoga materi yang dishare bermanfaat untuk para Fams yang membacanya.
Kami menerina saran dan kritik. Terima kasih 🙏
Bandung, 27 Agustus 2017.
Salam,
Anaya.
Advertisement
- In Serial29 Chapters
Legacy of Terra: Forgotten
First, I would like to thank you all for enjoying this story! Now I have some interesting news. A fully edited version of Forgotten, book 1 of Legacy of Terra, is now available on Amazon as an ebook and paperback! (Link should be working now) Lucas, codename Helix, is the combat techno-medic of Demon squad. It was their task to protect Station 37-H and project Goliath. All Lucas is certain of is that something went terribly wrong in what was going to be their last stand. He was prepared to meet them on the other side. Instead, he finds himself in a familiar place surrounded by faces he has never seen before. His last memory separated by centuries from the present. His first priority is to find his squad. His second one is to keep the secrets of Goliath. His third priority is to figure out how to achieve the previous two because he and the entirety of Demon squad have become nothing but spectres in the annals of history. He has become forgotten.
8 81 - In Serial22 Chapters
The Villainess Will Work Hard For A Good Life After Her Broken Engagement!
They say that life is full of uncertainties, but not for me – because I have read the light novel series I have been reincarnated into.The villainess of ‘Resonant Hearts’, Liliana Gracia Remington, was a person as poisonous as her nickname, ‘the Poison Lily of the Capital’. Her miserable life ended when she committed suicide after her fiance, the First Prince, broke their engagement and fell in love with the heroine. The character deserved her ending but that is a big 'no thanks' for me!To avoid the bad ending, I guess I will have to start by preparing myself for life after my broken engagement! -------------------------------------------------------------------------------- *Book cover was made with the help of Avatar Factory. *Contains mild gore and descriptive violence.
8 198 - In Serial9 Chapters
Blue Blood
A troubled teenage boy discovers an ancient secret hidden in his blood, far more dangerous and powerful than he ever could have imagined. Chapter released every Saturday. Enjoy
8 225 - In Serial65 Chapters
HASEENAH
A very touch hearted story which consist of a poor girl with her mom, that under go so many hatred from her step mom, description can't explain, but let's ruin together
8 179 - In Serial14 Chapters
Blinker
Just another typical reincarnation story where the protagonist gets sent to an RPG game-like world and tries his best to survive.
8 114 - In Serial21 Chapters
Unstable dungeon
Who would expect to actually have their soul teleported when they pick up a prety rock that just fell from someone's pocket? Aki did. He just didnt expect to be right about that. Well, whats done is done and its not like he will be stuck there for ethernity, he wont allow that. Hello, I decided to throw another Aki at another isekai. This time as a dungeon and a little more involved in things for other people.
8 93

